enterprise apllication in


1.     Panggunaan EAI
EAI atau Enterprise Application Integration merupakan sharing data dan bisnis proses yang tidak terbatas antara aplikasi dan sumber data yang saling terkoneksi. Alasan penggunaan EAI adalah untuk memenuhi permintaan perusahaan untuk sharing data dan bisnis proses tanpa melakukan perubahan aplikasi maupun struktur data. Dalam menerapkan EAI, dibutuhkan seseorang yang benar-benar memahami bisnis proses dalam suatu organisasi, karena tidak semua organisasi memiliki sistem yang sama dan tentu memiliki permasalahan yang berbeda.
Penerapan XML
XML adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang independen untuk menyimpan dan mengirim data.
  • XML digunakan untuk membawa data pada API serpti SOAP;
  • XML digunakan untuk membentuk struktur form pada pemrograman desktop seperti delphi, lazarus, vb, gtk, dll;
  • XML digunakan untuk membuat layout aplikasi android;
  • XML bertugas untuk membentuk struktur proyek pada java yang menggunakan Maven;
  • XML digunakan sebagai format file SVG, DOCX, dsb.
Pengertian WebService
Web services adalah mekanisme komunikasi dua aplikasi/mesin terlepas dari arsitektur dan teknologi yang digaribawahi. Layanan web memiliki antarmuka, yang menyembunyikan detail implementasi sehingga dapat digunakan secara terpisah dari platform perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakannya, dan secara terpisah dari bahasa pemrograman yang digunakan. Kemandirian ini mendorong aplikasi berbasis layanan web untuk loosely coupled, berorientasi komponen, implementasi lintas-teknologi. Layanan web dapat digunakan sendiri atau dengan layanan web lainnya untuk melakukan agregasi kompleks atau transaksi bisnis.
4.     Pengertian JSON
JSON merupakan bagian (subset) dari Javascript. JSON bisa dibaca dengan berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, C++, C#, Java, Javascript Perl, Python, dan banyak lagi. Hal ini membuat JSON menjadi bahasa yang ideal untuk perturakan data antar aplikasi.

5.     Penggunaan JSON
JSON sebagai format untuk bertukar data client dan server atau antar aplikasi. Contoh: RESTful API
JSON sebagai tempat menyimpan data, contoh: Database Mongodb
JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project, contoh: file composer.json pada project PHP dan package.json pada Nodejs
JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi dan penyimpanan data pada Hugo
JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project pada Nodejs
JSON digunakan untuk menyimpan data menifest
6.     PenggunaanAPI

Salah satu penerapan API yaitu Google Maps API.Google Maps adalah layanan Google yang cukup popular , dapat menambahkan fitur google maps dalam web dengan google maps api. Dengan menggunakan Google Maps API dapat menghemat waktu dan biaya untuk membangun aplikasi peta digital yang handal,sehingga dapat focus hanya pada data-datanya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Anime Penguras Air Mata

produktivitas dan aktivitas pada masa Covid-19

Wow! Inilah Fakta-Fakta Menarik Seputar Bahasa Inggris