Berbagai Macam Pamali (Pantangan) Paling Tabu


pamali-itu-apa-sih-artinya
Ilustrasi Pamali by nyunyu.com
Apa sih pamali itu? Pamali atau pantangan atau larangan adalah hal-hal berupa mitos yang sering kita dengar dari orang tua kita atau kakek/ nenek kita. Pamali yang paling banyak dilontarkan berasal dari ranah Sunda.

1.Berselimut dengan tikar Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.

2.Mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan. karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan)

3.Berlama-lama di kamar mandi, Janganlah anda berlama-lama di kamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya

4.Jangan anda tidur dengan posisi kepala ada di sebelah utara dan kaki di sebelah selatan, karena itu (posisi mayat yang dikubur)

5. Janganlah Memotong rambut malam hari di rumah (bukan di salon), karena berakibat anda akan didatangi makhluk halus jahat dalam mimpi

6.Malas menghadiri undangan perkawinan, Janganlah sering tak menghadiri undangan perkawinan karena akan membuat anda sulit jodoh.

7. Jangan dibiasakan memeluk lutut sambil berjongkok, karena akan berakibat selalu bingung pada saat menghadapi masalah dan putus asa.

8.Kebiasaan bersiul didalam rumah Janganlah kamu bersiul didalam rumah, karena akan mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.

9.Jangan bersiul di waktu malam konon para makhluk halus suka suara siulan, dan bisa jadi mereka akan membalas siulan anda tak lama lagi.

10.Kebiasaan pura-pura menangis, Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah.

11.Kebiasaan menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita batin.

12.Kebiasaan bersedih pada waktu hamil, Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang cengeng.

13.Gadis keramas di hari Sabtu Jika anda seorang gadis, janganlah keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa.

14. Dilarang Duduk Tepat di depan pintu, karena dikhawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit.

15. Jangan tidur terlalu sore/menjelang maghrib, karena kelak bisa menimbulkan kegilaan.

Demikian sebagian mitos/pamali/larangan dari para nenek moyang pendahulu dan masih banyak lagi yang tidak saya sebutkan pada pos kali ini. Ingat, saya tidak mengajak anda untuk percaya akan pamali tersebut. Semoga bisa menambah wawasan kita :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Anime Penguras Air Mata

produktivitas dan aktivitas pada masa Covid-19

Wow! Inilah Fakta-Fakta Menarik Seputar Bahasa Inggris